Prodi PBI UNU Purwokerto Adakan In House Training Guna Tingkatkan Kemampuan Menulis Jurnal

Pada hari Jumat (23/6/2023), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto mengadakan In House Training dengan tema "Penulisan Artikel dan Publikasi di Jurnal Ilmiah Terindeks Sinta".

Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta, terutama akademisi di UNU Purwokerto, dalam menulis artikel dan publikasi di jurnal terindeks SINTA.

Dr. Bambang Kuncoro, M.Si, Wakil Rektor I UNU Purwokerto, dalam sambutannya berharap bahwa In House Training ini dapat memotivasi akademisi untuk memulai menulis artikel di jurnal nasional terindeks SINTA. Dia juga menyebutkan bahwa salah satu hambatan utama yang sering dihadapi dalam menulis jurnal adalah memulainya.

Kegiatan ini terkait dengan Program Kompetisi Kampus Merdeka yang dibiayai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Dr. Bambang Kuncoro berharap bahwa peserta In House Training akan terus termotivasi untuk menulis jurnal, dengan harapan dapat memberikan manfaat baik bagi UNU Purwokerto dan komunitas akademik secara umum.

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam penulisan jurnal. Menurutnya, kolaborasi dalam penulisan jurnal menunjukkan kemampuan penulis untuk bekerja sama dalam tim. Dr. Bambang Kuncoro mengilustrasikan kasus penulisan jurnal yang mengalami masalah saat diterbitkan karena penulisnya hanya bekerja sendiri tanpa adanya kolaborasi.

Dalam acara tersebut, Yasinta Wulandari, S.Pd., M.Pd, Koordinator Program Studi (Koprodi) Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNU Purwokerto, menekankan pentingnya publikasi jurnal ilmiah sebagai bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Seorang akademisi sebagai peneliti memiliki tanggungjawab untuk terlibat dan meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya melalui publikasi artikel,” ungkapnya.

Yasinta juga mengungkapkan harapannya bahwa In House Training tersebut tidak hanya akan meningkatkan kemampuan peserta dalam menulis jurnal, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa, program studi, universitas, serta dunia pendidikan secara keseluruhan.

Dalam In House Training "Penulisan Artikel dan Publikasi di Jurnal Ilmiah Terindeks Sinta" yang diadakan di UNU Purwokerto, narasumber Dr. Budi Purnomo, M.Hum dari Universitas Surakarta, memberikan materi tentang cara penulisan, tips, dan hambatan yang sering dihadapi dalam penulisan jurnal.

Dr. Budi Purnomo juga menjelaskan strategi dalam penulisan artikel dan pemilihan jurnal yang sesuai dengan artikel yang disusun. Beliau juga menyampaikan beberapa hambatan yang dapat menyebabkan kegagalan penerbitan jurnal antara lain adalah penulisan artikel yang tidak sistematis dan tidak sesuai dengan petunjuk penulisan yang ditetapkan oleh editor jurnal. Selain itu, hambatan yang umum dihadapi penulis adalah hal-hal yang berkaitan dengan sistematika penyusunan isi dari bagian-bagian artikel seperti judul, abstrak, pendahuluan, literatur, metode, hasil, pembahasan dan kesimpulan. (AK)

Komentar