PENGAPLIKASIAN ILMU KETIKA MENJADI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS:  AKTIF MEMULAI KARIR MESKIPUN MASIH KULIAH

PENGAPLIKASIAN ILMU KETIKA MENJADI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS:  AKTIF MEMULAI KARIR MESKIPUN MASIH KULIAH

Purwokerto,12 Juli 2018. Berstatus Mahasiswa bukan berarti tidak bisa berkarya dan berpeluang menghasilkan uang sendiri. Banyak sekali hal-hal positif dapat dilakukan oleh mahasiswa diera serba digital dan gadget seperti sekarang. Menjadi mahasiswa juga hendaknya kreatif dan aktif serta mencari peluang-peluang yang kiranya dapat meningkatkan finansial mahasiswa. Apalagi ketika biaya spp dan hariannya bisa mandiri. Sungguh itu pencapaian yang bagus kan?

                  Gambar : Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris saat Kegiatan Pembelajaran

Menurut salah satu Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Mrs Ade mengatakan bahwa ” ketika belajar Bahasa Inggris maka harus segera dipraktikan dan tularkan Ilmu itu ke orang lain supaya ilmunya manfaat dan tentu saja secara finansial juga akan mulai mengikuti hasilnya” kata Mrs Ade. Mrs Ade juga menambahkan “saya dulu mulai merintis privat sejak masih mahasiswa semester 1, karena prinsip bahasa adalah untuk komunikasi”.

Berikut peluang-peluang berkarir yang dapat dilakukan oleh Mahasiswa yang belajar di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Pertama, Bahasa itu perlu dipraktikan. Salah satu caranya adalah dengan mengajarkan ilmu yang dipelajari “bahasa inggris” ke orang lain. Maka,mulailah membuka privat Bahasa Inggris di lingkungan terdekat yakni rumah,keluarga,dan teman. Buktikan dengan kualitas pengajaran dan metode menyenangkan yang kalian lakukan. Kedua, Cobalah untuk membangun kerjasama dan link denAgan lembaga-lembaga yang sudah mapan. Supaya ilmu,pengalaman dan referensi kalian bertambah. Ketiga,Mulailah menulis atau menyusun modul dan buku untuk membantu menfasilitasi pembelajar Bahasa Inggris khususnya siswa-siswa kalian. Hal ini,juga akan memotivasi diri kalian untuk senantiasa belajar,membaca, dan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris kalian. Keempat, Bentuklah komunitas berbahasa Inggris. Karena hal ini akan menstimulasi ide-ide kreatif dalam pengajaran dan pembelajaran B.inggris. Contohya: Pelatihan Bahasa Inggris dengan instansi-instansi tertentu. Atau kegiatan-kegiatan internship dengan sekolah-sekolah. Ketika kalian mampunyai komunitas atau teman-teman yang kompeten maka akan semakin mudah mengembangkan peluang-peluang yang mendukung Prodi kalian.

Ketika kalian aktif berkarir, maka prestasi secara akademik kalian di kampus juga akan bagus. Karena ilmu bahasa inggris kalian sudah dibiasakan dan diamalkan. Sekarang ini, Bahasa Inggris menjadi hal yang penting. Dari mulai untuk Ujian Nasional,kepentingan kerja,Beasiswa, sertifikat, ataupun lanjut studi.Teruslah berkarir dan berkarya untuk masyarakat luas.

 

Penulis:Ade Christanty Yudha Bestari,S.S.M.Si.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *